Simak 3 Pesan Penting Untuk Founder Startup Dari CEO Gojek

Simak 3 Pesan Penting Untuk Founder Startup Dari CEO Gojek

kesuksesan gojek

Kesuksesan Gojek menjadi unicorn (startup dengan valuasi lebih dari US$ 1 miliar) memberikan pean penting dan catatan wajib bagi para founder Startup yang sedang merintis usaha baik di bidang konvensional ataupun digital, karena pada dasarnya semua fundamental bisnis adalah sama. Ketika dasar bisnis nya tidak dimiliki oleh para founder maka mustahil perusahaan atau startup yang akan dibangun akan menjadi perusahaan yang besar. (Pelajari5 Hal Sepele Yang Membuat Startup Kamu Susah Maju).

Pesan CEO Gojek ini juga harus anda jawab secara pribadi dan jujur, dengan seperti itu anda bisa mengukur apakah anda bisa menjadi the next gojek di Indonesia, bisa mendirikan perusahaan besar dan mampu memberikan impact sosial yang luar biasa.

1. Apakah Anda Seorang Founder atau Tidak

nadiem makarim dan kisah sukses gojek

Tidak seperti yang di katakan para motivator bahwa semua orang bisa menjadi founder. Lebih baik hal ini anda tanyakan pada diri anda sendiri apakah anda memang benar benar bisa menjadi founder dan mampu untuk menjalani hari demi hari sebagai seorang founder. Mulai dari mempersiapkan bisnis, merawat bisnis ketika mengalami sakit, berupa menyelesaiakan masalah yang ada di perusahaan dan hal teknis lain. (Pelajari : Kenapa Produk Belum Laku – Ini Alasan dan Yang Harus Diperbaiki)

Baca Juga :  Melihat Lebih Detail Strategi Bisnis Alibaba di Indonesia

Apakah founder harus menyelesaikan sendiri, jawabanya memang tidak. Namun founder yang memiliki pengalaman akan mampu menyelesaikan semua dengan lebih baik daripada founder yang belum memiliki pengalaman sama sekali, atau tidak pernah merasakan bagaimana mengelola perusahaan dengan baik.

Apakah Anda Orang Yang Tahan Banting.

kisah sukses gojek nadiem makarim

Ada banyak founder yang harus menyerah, atau bahkan hanya bekerja sebagai parttime di startup yang mereka bangun, dan mereka masih bekerja di perusahaan lain, dengan dalih belum mampu atau takut akan kondisi financial nya.

Founder adalah problem solver bagi pengguna, creator produk untuk membuat sebuah solusi terbaru dan lebih inovatif, mengelola SDM diperusahaan agar mampu memberikan layanan terbaik. Namun akan sangat sayang sekali apabila seorang founder tidak memiliki semangat juang seperti yang di ceritakan oleh Nadiem Makarim. Maka tidak akan tercipta perusahaan startup yang berkelas seperti Gojek, karena foundernya tidak mempu menciptakan perusahaan yang sekelas Gojek, peran founder begitu penting. (PelajariStrategi Test Market dan Mendapatkan Pelanggan Pertama)

Baca Juga :  5 Pengusaha Ini Justru Sukses di Usia Senja Dan Semakin Mengispirasi
Founder Memiliki Visi Misi, Motivasi dan Target Yang Besar.

Arah pemikiran dan tujuan dari founder haruslah jelas, apakah hanya ingin kaya raya dari usahanya atau memang ingin menciptakan impact yang sangat besar dan mampu menyelesaikan masalah yang begitu kompleks menjadi sebuah produk yang benar benar memberikan penyelesaian masalah yang ada, dengan solusi solusi yang tepat dan tidak ikut ikutan.

Mampu berfikir besar dan mampu mengeksekusi dengan baik. Tidak hanya matang dalam konsep namun founder yang baik juga mampu melakukan eksekusi dengan baik. Memiliki kecerdasan dalam melaksanakan dan merancang strategi bisnis yang baik dan efektif adalah tugas penting bagi seorang founder. (PelajariDisruptive Business Model Strategy Untuk Tech Startup)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *