Bongkar Rahasia Bisnis Kesuksesan Ratusan Cabang Warunk Upnormal

Bongkar Rahasia : Kesuksesan Ratusan Cabang Warunk Upnormal

Warunk Upnormal mendulang kesuksesannya melalui tangan kreatif Rex Marindo beserta rekan rekan nya dalam membangun bisnis Warunk Upnormal, warung yang selalu terlihat antrian di setiap akhir pekan dan hari jumat di daerah Cikini maupun Margonda-Depok. Pemandangan antrian hanya untuk masuk ke cafe kekinian ini menjadi pemandangan yang bukan bisa bagi sukses nya bisnis Warunk Upnormal ditengah persaingan ketat bisnis cafe cafe dan bisnis kuliner lainnya.

Warunk Upnomal tercatata saat ini sebanyak 80 cabang, tidak hanya itu dibawah bendera PT Citarasaprima Indonesia Berjaya (CRP), mereka juga berhasil mendirikan bisnis kuliner lainnya seperti 6 restoran Sambal Karmila, restoran Fish Wow Chesse, Upnormal Coffee Roaster, 25 cabang Bakso Boedjangan, 28 cabang Nasi Goreng Rempah Mafia. Kesuksesan ini diraih hanya dalam waktu 4 tahun.

Lalu apa yang menjadi kiprah Kesuksesan Ratusan Cabang Warunk Upnormal.

Memahani Passion dan Strategi Bisnis

Warunk Upnormal

Passion saja tidak cukup namun, strategi bisnis dan memahami customers adalah peran penting, dan membutuhkan kejelian khusus tidak sekedar hanya buka bisnis modal nekat. Modal nekat memang diperlukan namun strategi dan perhitungan bisnis juga tidak kalah penting sebagai faktor penentu keberhasilan bisnis.

Strategi dalam Mendesain Bisnis dan bisnis model juga akan mempengaruhi performa kecepatan bisnis untuk tumbuh. Salah salam merancang produk dan strategi bisnis akan menyebabkan bisnis terhambat dan susah berkembang (PelajariHal Sepele Yang Membuat Startup Kamu Susah Maju). Kecerdasan seorang founder sangat menentukan keberhasilan bisnis.

Baca Juga :  Belajar Sukses Dari Amancio Ortega. Bos Dari Zara Fashion Terkemuka

Founder yang memiliki passion akan berbeda dengan type founder yang hanya bisnis ala kadarnya saja. Hal ini akan mempengaruhi daya juang serta pencapaian dari perusahaan. Founder yang baik akan merancang bisnis dengan baik, termasuk meng-eksekusi proses nya dengan baik.

Memahami Konsumen dengan Detail

Memanjakan pelanggan adalah salah satu kunci sukses Warunk Upnormal. Mulai dari colokan, WIFI gratis, desain dinding yang Instagrammable, hingga beraneka boardgame.

Sebelum Warunk Upnormal ini di dirikan, Rex juga melakukan riset dan target kunsumen yang akan datang ke Warunk Upnormal ini. Dengan mencari tahu dan mengamati kegiatan sehari hari dari calon pelanggan, maka bisa di ketahui keinginan pasar akan suasana dan kebutuhan tempat nongkrong yang menurut market layak untuk dikunjungi dan memiliki ciri khas tertentu.

Riset pasar yang di lakukan oleh Rex adalah bahwa semua orang sangat menyukai Indomie, dan kemudian mereka mencari sebuah value agar harga produk yang dia jual memiliki nilai tambah yang lebih tinggi dibandingkan dengan warung yang bisa merebus indomie goreng biasa. (Pelajari : Design Thinking sebagai analisa market awal)

Baca Juga :  Simak 3 Pesan Penting Untuk Founder Startup Dari CEO Gojek
Sederhana dan Tidak Konsumtif

Terlihat biasa saja dengan kaos oblong dan gaya kehidupan yang sederhana adalah ciri khas dari founder Warunk Upnormal ini. Kalau menurut orang semakin besar income sesorang maka nilai konsumtif nya juga akan meningkat. Namun tidak bagi pria kelahiran palembang ini. Dia lebih memilih gaya apa adanya dengan kaos oblong hitam dengan logo brand yang dia kembangkan.

Tak Henti Berinovasi

Tahu kah anda harga waralaba dari Warunk Upnormal, nilai 4 milyar harus ditebus oleh partner waralaba untuk mendirikan satu Warunk Upnormal. Warunk Upnormal yang menjual produk Indomie sebagai bahan utamanya, tapi gak semua restoran tersebut meraih kesuksesan yang serupa.

Inovasi dalam rasa saja tidak lah cukup namun inovasi dalam bisnis model juga menjadi peran penting bagi bisnis melihat dalam waktu 2 tahun banyak sekali bisnis kuliner yang tumbang.  (PelajariDisruptive Business Model Strategy Untuk Startup)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *