Sosialisasi #IndonesiaUP Ajak Startup & Inovator Muda Go Global

Sosialisasi #IndonesiaUP Ajak Startup & Inovator Muda Surabaya Go Global

sosialisasi ID-UP

Kementerian Kominfo gelar acara #IndonesiaUP atau IDUP sebagai ajang pencarian inovator muda yang berwawasan global untuk mengikuti ajang seleksi nasional untuk disalurkan ke ajang global ASEAN ICT Award 2018 yang akan di selenggarakan di Bali, Desember 2018.

Kali ini #IndonesiaUP melakukan sosialisasi di Surabaya bertempat di theater PENS (Politeknik Elektornika Negeri Surabaya) pada tanggal 5 Mei 2018. Melalui peluncuran IndonesiaUP 2018 dan website idup.hub.id diharapkan dapat mendorong minat peserta untuk mengembangkan aplikasi berskala internasional, #IndonesiaUP adalah rangkaian kurasi dari startup atau inovasi yang layak untuk di bawa ke kancah global.

Dibuka oleh Direktur PENS Bapak Dr. Zaenal Arif, ST., MT berharap dari Surabaya akan muncul inovator muda dan startup yang layak untuk mendapatkan chanel menuju global melalui event #IndonesiaUP. Sambutan dilanjutkan oleh Ibu Septriana Tangkary SE, MM selaku Direktur Pemberdayaan Industri Informatika, yang berharap inovasi dari Surabaya mendominasi event #IndonesiaUP atau IDUP 2018.

socialisasi-idup-surabaya

IDUP membuka kesempatan dan 6 kategori inovasi diantaranya :

Start-Up Company (STC)

  • Perusahaan baru yang mengembangkan produk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) inovatif.
  • Perusahaan Startup juga harus memenuhi kriteria berikut:
    • Memenuhi kriteria sebagai perusahaan untuk seleksi ini.
    • Terdaftar sebagai perusahaan tidak lebih dari 3 (tiga) tahun terhitung dari tanggal pendaftaran.
    • Bukan anak perusahaan dari perusahaan mapan

Digital Content (DLC)

  • Produk perangkat lunak, perangkat keras atau kombinasi keduanya dengan elemen suara, video, teks dan gambar untuk menunjukkan berbagai bentuk hiburan menggunakan teknologi mutakhir seperti internet atau berbasis mobile.
  • Produk perangkat lunak, perangkat keras atau kombinasi keduanya yang memberikan dukungan manajemen dan teknis kepada industri hiburan dan penyiaran seperti siaran televisi, siaran radio, bioskop, pertunjukan langsung, percetakan, surat kabar, dan berita di Internet.

Corporate Social Responsibility (CSR)

Produk perangkat lunak, perangkat keras atau kombinasi keduanya yang membantu masyarakat dalam pemenuhan hak dan kebutuhan kelompok tertentu; atau untuk meningkatkan kesejahteraan, kualitas hidup dan standar hidup masyarakat dengan tujuan akhir menjembatani kesenjangan digital. Produk tersebut harus dimulai, dikembangkan dan dimiliki oleh organisasi non-pemerintah, namun pendanaan untuk inisiatif dan pengembangan dapat disediakan oleh Pemerintah atau Swasta atau keduanya.

Private Sector (PRV)
Produk perangkat lunak, perangkat keras atau kombinasi keduanya yang melayani kebutuhan sektor swasta seperti Aplikasi Industri, e-Logistik dan SCM (Supply Chain Management), Aplikasi Industri Keuangan, Komunikasi, e-Health, serta Pariwisata dan Perhotelan.

Public Sector (PUB)

  • Perangkat lunak, perangkat keras atau kombinasi keduanya yang dapat membantu operasional pemerintahan untuk lebih efisien, efektif, transparan, dan hemat biaya; atau
  • Produk perangkat lunak, perangkat keras atau kombinasi keduanya yang telah diimplementasikan oleh Instansi Pemerintah dalam rangka memberikan layanan terbaik kepada masyarakat; atau
  • Produk perangkat lunak yang dikembangkan dalam rangka memenuhi kebutuhan spesifik pemerintah untuk layanan masyarakat yang layanannya dikelola oleh instansi pemerintah. Produk dapat dikembangkan oleh instansi swasta, instansi pemerintah atau perusahaan milik pemerintah yang didanai oleh pemerintah atau donor asing. Produk tidak harus dalam kondisi sudah diimplementasikan secara penuh, dapat juga masih berupa implementasi percontohan, namun harus sudah digunakan oleh instansi Pemerintah.
  • Produk yang dikembangkan untuk digunakan oleh BUMN atau BUMD untuk tujuan komersial tidak termasuk dalam kategori ini.
  • Bukti bahwa produk telah digunakan oleh instansi pemerintah perlu dilampirkan saat pendaftaran.

Research and Development (RND)

  • Produk riset dan karya TIK yang menemukan pengetahuan, proses, produk dan layanan baru untuk memenuhi kebutuhan pasar atau masyarakat.
  • Produk atau karya dalam kategori ini perlu memenuhi kriteria berikut:
    • Produk telah selesai namun belum dipasarkan;
    • Jika telah dipasarkan, produk tidak memiliki pelanggan dan tidak tersedia di situs pelanggan;
    • Usia produk masih belum mencapai satu tahun terhitung sejak selesai dikembangkan;
    • Dapat menunjukkan fitur dan fungsinya (meskipun belum sepenuhnya selesai);
    • Didanai sendiri (pendanaan internal) atau kelompok masyarakat, tidak didanai oleh perusahaan multinasional yang mapan; dan
    • Hak Kekayaan Intelektual berada di pemilik/pencipta (baik selaku individu atau perusahaan).

Info lebih lanjut idup.hub.id

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *