Design Thinking Metode Untuk Menyelesaikan Masalah Yang Kompleks

Memahami Design Thinking Untuk Menyelesaikan Masalah Startup Yang Kompleks

Design Thinking

Design Thinking adalah proses creative problem-solving yang menggunakan unsur-unsur dari toolkit perancang seperti empati dengan basis user centered & percobaan untuk mendapatkan solusi baru. Design Thinking banyak digunakan oleh perusahaan perusahaan besar yang saat ini lebih mengutamakan rancangan desain produk meraka lebih user centered dan mudah untuk di gunakan oleh user dan memiliki nilai fungsi yang lebih baik.

Design Thinking adalah pendekatan untuk mencari masalah. Hal ini menuntut tingkat empati dan pemahaman yang tinggi terhadap pengguna akhir, dan proses berulang mengembangkan ide-ide baru, menantang asumsi, dan mendefinisikan kembali masalah, dengan tujuan mengidentifikasi solusi alternatif yang mungkin tidak selalu terlihat.

Design Thinking

Saat ini pendekatan Design Thinking lebih menjawab kebutuhan market, karena sebuah produk memerlukan iterasi dalam mencapai produk yang terbaik. Sedangkan user memerlukan qualitas produk yang lebih baik dan solusi yang sudah ada saat ini.

Design Thinking  adalah upaya dari sebuah produk untuk memahami kebutuhan user lebih mendalam, dan kemudian menciptakan sebuah ide yang dikumpulkan dari data data dan masukan dari user, kemudian mencoba untuk membuatkan prototipe untuk dilakukan pengujian kembali kepada user.

Baca Juga :  Bekraf Berikan Bantuan Modal Kerja Senilai 200Juta

Design Thinking memerlukan keterbukaan seorang founder untuk lebih memahami user nya lebih mendalam, terbuka dalam masukan dan mampu membuat penyelesaian masalah dari user dengan tepat.

Banyak kesalahan dari produk owner adalah memaksakan user untuk menggunakan produk atau fitur yang terkadang user tidak membutuhkan hal hal semacam itu. Design Thinking juga bisa digunakan untuk membangun fitur baru dari sebuah aplikasi atau software atau di gunakan untuk membuat produk yang memang benar benar baru. (Baca : Cemilan Kekinian “Meskipun Mahal Tapi Tetep Laku”. Ini Rahasianya)

Design Thinking adalah Metodologi dan Culture

Design Thinking
Selain metode untuk merancang produk yang terbaik untuk user, Design Thinking adalah sebuah budaya perusahaan. Sehingga sebuah perusahan bisa terus menerus melakukan improvement dari pengembangan produk serta inovasi. Improvement ini mengharuskan pimpiman perusahaan dan divisi manager untuk menjaga berlanjutan dari proses Design Thinking.

Sebuah produk inovasi mengharuskan untuk terus di benahi dan sesuaikan dengan kondisi user dan trend yang ada. Dalam Design Thinking perusahaan harus lebih banyak mendengar dari pada merancang konsep berdasarkan asumsi. Sebagian besar startup tidak memiliki data dari perubahan dan user pengguna pertamanya, maka dari itu Design Thinking diperlukan untuk melakukan analisa dari user berdasarkan stories pengguna.

Baca Juga :  5 Pengusaha Wanita Sukses ini Punya Harta Yang Berlimpah

Mungkin Anda juga menyukai

5 Respon

  1. Helga berkata:

    Mohon penjelasan, apa bedanya design thinking dan design sprint?

    https://startup-speakup.com/design-sprint.html

    • speakup berkata:

      Design thinking adalah fase dimana kita memulai untuk menjalan sebuah pendekatan development produk. Design sprint adalah kondisi dimana semua fase development dari rancangan awal di mampatkan dalam 5 hari proses.

      Design thinking : Bagaiamana cara membuat jus aple yang di sukai market
      Design Sprint : Bagaimana cara mengubah buah aple menjadi jus agar memiliki rasa yang pas

  1. November 9, 2018

    […] dengan mengadopsi pendekatan langsung dalam pembuatan prototipe dan pengujian. Memahami lima tahap Design Thinking ini akan memberdayakan siapa pun untuk menerapkan metode Berpikir Desain untuk memecahkan masalah […]

  2. November 14, 2018

    […] dengan mengadopsi pendekatan langsung dalam pembuatan prototipe dan pengujian. Memahami lima tahap Design Thinking ini akan memberdayakan siapa pun untuk menerapkan metode Berpikir Desain untuk memecahkan masalah […]

  3. Desember 7, 2018

    […] dengan mengadopsi pendekatan langsung dalam pembuatan prototipe dan pengujian. Memahami lima tahap Design Thinking ini akan memberdayakan siapa pun untuk menerapkan metode Berpikir Desain untuk memecahkan masalah […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *