Cara Jualan Online Dengan Strategi Efektif Untuk Pemula

Cara Jualan Online Dengan Strategi Efektif Untuk Pemula

cara jualan online

Apabila anda adalah pengusaha pemula yang ingin mencoba ingin mengerti bagaimana cara jualan online dengan cara yang efektif dan tentunya sangat meringankan pekerjaan anda. Kebanyakan pengusaha pemula selalu memulai dengan langkah gratisan, hal ini tidak salah namun kurang efektif, padahal dalam menjual produk kita memerlukan kecepatan untuk menjual dengan lebih baik.

Keuntungan kecil bisa di perbaiki dengan retensi penjualan, atau bila anda menggunakan sistem margin besar namun angka retensi nya tidak tinggi ini akan sama saja. Misal untuk menjual barang retail/konsumer dengan harga yang sensitif anda harus menjual lebih banyak.

Sedangkan untuk market premium anda bisa menggunakan strategi margin tinggi, sehingga walaupun pembeli anda sedikit anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih baik, dan tidak mengalami kerugian. Perlu diperhatikan bahwa dalam bisnis kita juga harus memahami strategi dengan baik, dan sering kali mencoba berbagai macam cara hingga kita bisa menemukan yang paling tepat.

Berikut ini Tips Cara Jualan Online Untuk Pemula

Apabila anda mengalami kegagalan dalam bisnis online, tidak perlu minder apa lagi produk yang anda jual tidak kunjung laku mungkin hanya memerlukan beberapa pembenahan internal saja, usaha yang sedang anda rintis akan lebih cepat berkembang.

1. Masukan ke Marketplace dan Bayar Iklannya

cara_jualan_online_di_tokopedia

Bukan berarti dengan menggunakan marketplace usaha atau produk yang anda miliki bisa langsung terjual dengan volume tinggi. Persaingan antar pedagang sangat ketat, anda perlu smart. Jangan sekedar cuma listing, bila perlu bayar iklan di marketplace tersebut.

Baca Juga :  Cara Beriklan di Facebook Dengan Creative Ads dan Mengukur Efektifitasnya

Dengan membayar iiklan di marketplace tersebut maka produk anda akan sering muncul dan lebih mudah di jangkau pelanggan, jangan terus menerus bermental gratisan. Kalau anda ingin jual santai mungkin tanpa iklan sudah cukup namun kalau retensi penjualan menjadi nadi usaha anda, maka berinvestasi lah pada iklan.

Ketika anda berinvestasi pada iklan maka anda mendapakat beberapa keuntungan seperti yang akan di jelaskan di item di bawah ini.

2. Naikan Kredibilitas Anda

cara_jualan_online_di_tokopedia_2
Ada jutaan pengguna internet di luar sana, namun bagaimana mereka mempercayai usaha anda, bahwa anda adalah penjual yang memiliki kredibilitas yang tinggi. Justru dengan menggunakan media periklanan dan membership dari sebuah marketplace, Note: apapun marketplace yang anda gunakan.

Dari hal ini niat dan keseriusan anda akan terlihat di mata pembeli, karena sedang berbisnis bukan sedang bermain main dengan hal yang sepele. Ketika anda belum memiliki kredibilitas maka anda perlu mainkan nya agar retensi penjualan bisa dinaikan.

3. Simpan Database pembeli, dan tawarkan produk lainnya di kemudian hari

cara_jualan_online_dengan_whatsapp

Mungkin dengan menggunakan marketplace anda tidak akan mendapatkan email dari pelanggan, padahal email sangat penting untuk menaikan penjualan di kemudian hari. Tidak perlu kuatir, karena dengan pola 1 dan 2 kita mengunakan whatsapp atau aplikasi chat lainnya untuk mengirimkan penawaran berikutnya kepada pelangga.

Ada banyak software yang bisa anda beli apabila user yang anda miliki hingga ribuan user, tidak mungkin harus manual satu per satu. Namun yang paling penting adalah database user adalah mata uang baru buat anda. Dan simpan baik baik serta manfaatkan baik baik. Tidak harus setiap harus blast penawaran, karena akan mengganggu pengguna.

Baca Juga :  Jualan Online Perang Harga Tapi Tetap Untung, Inilah Strategi nya
4. Tempelkan Kartu Nama Pada Kemasan

cara_jualan_online_dengan_kartu
Tinggalkan kesan yang membuat orang lain bahagia ketika menerima produk anda. Dengan kartu nama atau kartu ucapan adalah salah satu bentuk agar anda lebih memahami dan berusaha untuk mengenal pelanggan anda lebih dekat.

Tidak ada salahnya memberikan perhatian lebih, agar mereka memiliki pengalaman yang berbeda dengan kebanyakan penjual lainnya. Bisa jadi mereka akan menyimpan kartu tersebut dan merekomendasikan kepada orang lainnya.

5. Gunakan Desain Kemasan Yang Menarik

Berikan kesan mendalam dari pelanggan anda, tidak semua penjual bisa melakukan unsur kedekatan dengan pelanggannya, mereka cendureng berdagang bukan berbisnis. Ketika anda terjebak dengan perang harga, maka naikan nilai jual produk tersebut dengan inovasi pada kemasan dan desain packaging yang baik. (Pelajari : 10 Ide Kemasan Yang Membuat Produk Lebih Menarik dan Kreatif)

Disclamer : Konten ini bukan paid review. Dalam konten ini, Startup Speakup tidak dibayar untuk kepentingan tertentu, kami memberikan tips yang otentik dan realistis, simak halaman privacy dan term.

Terinspirasi dengan Startup Speakup, jangan lupa untuk menjadi member di Startup Speakup dan dapatkan prioritas di setiap event off-air dan konten premium lainnya.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. wie berkata:

    alhamduliiah , nemu artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *