Cara Beriklan di Facebook Mengukur Efektifitas dan Optimasinya

Cara Beriklan di Facebook Dengan Creative Ads dan Mengukur Efektifitasnya

cara beriklan di facebook

Salah satu cara beriklan di facebook untuk mempercepat penjualan memang sangat di perlukan, dan kita perlu mengukur efektifitas dan seberapa besar impact dari iklan yang kita lakukan. Bisa jadi materi yang kita sampaikan kepada audience kurang memiliki dampak besar.

Ukuran penting yang harus di cermati bagi sebagian besar pengguna digital marketing, adalah memantau kinerja dari materi konten yang di komunikasikan kepada pelanggan, paling tidak adakah kenaikan dari revenue yang kita hasilkan, apabila target kita bukan penghasilkan, seberapa jauh kenaikan pengguna kita, atau user adoption yang bisa kita raih.

Ukur dan Pelajari Cara Optimasi Beriklan di Facebook

Apapun jenis social media channel yang anda gunakan  termasuk untuk bisnis ukuran kecil atau menengah, click dan conversion adalah satuan ukur yang harus di pahami dan di monitoring. Karena dengan 2 pola ukur tersebut adalah jembatan untuk pelanggan melakukan pembelian atau mengunjungi website penawaran yang kalian buat.

Maka dari itu kita akan ambil use case yang sedang kita lakukan sebagai pola ukur dasar, perlu di perhatikan bahwa kasus ini adalah sebagian kecil dari pengalaman yang kita miliki, ada baik nya bila use case ini juga di hitung dan di coba pada facebook fans page yang kalian miliki.

1. Utamakan Konten Kalian Bisa Mendapat Perhatian Audience

cara beriklan di facebook

Kalau kita perhatikan dari facebook fans page ini hanya memiliki sekitar 770 like, namun posting di atas mampu mencapai jangkauan sekitar 5000 audience, hal ini terjadi karena posting ini di share oleh beberapa orang, karena pada dasarnya sebuah posting tidak akan mencapai jangkauan 100% dari jumlah like, kecuali di trigger dari pendukung di luarnya.

Baca Juga :  IDX Incubator Surabaya Umumkan 14 Startup Untuk Angkatan Batch Pertama

Namun meskipun jangkauannya mencapai 5000 jumlah click link nya nya hanya 23 saja, atau sekitar 0,46% dari jangkauan 1% dari 5000 masih sangat jauh sekali. Dari sini kalian bisa perhatikan bahwa natural posting saja tidak akan membantu menaikan engagement. Jangkauan kurang dari 1% terhitung sangat kurang efektif, namun facebook memiliki potensi sesuatu yang kita share di bermanfaat dan re-share oleh orang lainnya.

Clue : Buatlah pola komunikasi yang membuat orang mudah melakukan share, dan menarik untuk di bagikan kepada orang lain.

2. Konten Natural Akan Kurang Optimal

cara beriklan di facebook

Kembali ke pembahasan awal bagaimana kemampuan jangkauan facebook dalam menjangkau audience ternyata belum menunjukan angka yang positif, dalam jangkauan 696 hanya terjadi 1-3 click link saja. Potensi ini memang menentukan dari sisi komunikasi dan bahasa atau pola kita dalam berkomunikasi yang membuat orang melakukan click ke website atau membaca penawaran kita lebih jauh.

Clue : Optimalkan healine dan komunikasi konten untuk menarik perhatian audience lebih banyak

3. Seberapa Efektif dengan Iklan Berbayar

cara beriklan di facebook

Dengan iklan berbayar di facebook tentunya kita harus menghitung apakah cara jualan online yang kita lakukan mampu mengembalikan ROI dari dana investasi yang di keluarkan. Seperti contoh kami diatas dengan jangkauan 2800-an audience hanya menghasilkan 42 click, tentunya jauh lebih tinggi daripada iklan natural seperti yang di pembahasan no 2.

Kalau kita hitung efektifitas iklan diatas hanya sekitar 1.4% saja untuk menghasilkan click ke website kita. Kalau kita ukur dari CAC (cost aqc customer) mungkin sekitar IDR 3.130 per user untuk mendatangkan ke website. Dari 42 click atau 1.4% conversion tersebut harus kita compare dengan ROI dan margin keuntungan apabila anda melakukan penjualan produk, namun bagi kami iklan diatas adalah sebuah informasi event, dan kami tidak mengambil keuntungan karena Startup Speakup adalah gerakan sosial.

Clue : Optimasikan pada segmen audience yang tepat

Baca Juga :  Cara Jualan Online Dengan Strategi Efektif Untuk Pemula
4. Kreatif Ads Adalah Strategi Paling Murah dan Optimal

cara beriklan di facebook

Dengan berbagai macam cara, maka kalian akan bisa menyimpulkan bahwa menggunakan kreatif ads dengan personalisasi yang membuat audience secara suka rela melakukan share dan tertarik dengan penawaran yang kita berikan akan memberikan dampak lebih baik, dari pada kalian melakukan pola hardselling.

Manfaatkan momentum dan trend yang sedang terjadi, gunakan image yang menarik dan membuat orang penasaran dengan apa yang kalian posting.

Clue : Bandingkan iklan natural dengan konten yang lebih komunikatif dan hitung impact nya

5. Gunakan Rotary Posting

cara beriklan di facebook lebih optimal

Rotary posting adalah memposting ulang konten yang pernah di terbit dan dalam jangka waktu tertentu, hal ini digunakan agar chanel page anda terkesan aktif dan materi komunikasi bisa terus berulang ulang di lihat oleh audience.

Strategi ini terhintung lebih murah dan mudah, dari pada menggunakan pola iklan berbayar, namun impact per post nya memang cenderung tidak telalau besar. Kalian bisa menggunakan layanan dari Buffer atau Hotsuite dan layanan social media management lainnya

Clue : Pelajari waktu posting yang terbaik dari channel kalian

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *